Singapore staycation : Wisata Malam di Singapura



Kalau ngomongin Singapura, negara yang mungkin luasnya tidak lebih luas daripada kota yang saat ini aku tinggali yaitu kota Surabaya, gak bakal ada habisnya deh. Hingga malam tiba, Singapura masih sangat punya daya tarik wisatawan yang penasaran akan negara ini. Dan Singapura juga menghadirkan beberapa wisata, atraksi, atau mungkin hanya sekedar wadah yang bisa dinikmati di malam hari. Bahkan juga ada beberapa yang bisa kita  nikmati 24 jam. Untuk tipe orang seperti aku yang kalau judulnya udah liburan, sayang banget buat pulang ke hotel walaupun hari udah gelap dan  kaki udah gak karuan pegelnya. Kapan lagi begadang dikala liburan...

Oh ya, beberapa tempat yang aku jelaskan di bawah merupakan hasil dari pengalaman aku sendiri ya guys. So, dont judge me, hehehehe. Mungkin yang aku jelaskan di bawah ini lebih ke tempat-tempat yang mudah di raihnya serta tempat umum yang masih banyak orang mengunjunginya walaupun larut malam menjelang.

1. Merlion Park
Siapa sih yang gak tahu patung Merlion. Patung yang berada di tepian laut ini kebetulan berada di area outdoor, berada di kawasan one fullerton. Maka dari itu merlion park masuk ke dalam wisata malam atau mungkin 24 hours open for free karena sepengalaman aku tidak ada batasan waktu untuk berkunjung kesana. Dan tanpa tiket masuk juga tentunya.

Pake kamera hape ceritanya batre kamera habis

Apa saja yang bisa kita nikmati ? Banyak !!!

1. Light & laser show
Di jam tertentu, atau sekitar pukul 8 dan 9 malam akan ada light show yang dimana lampu sorot yang disorotkan melalui bangunan iconic Singapura yaitu Marina Bay Sands dari sebrang patung Merlion, akan memantulkan cahayanya ke laut. Serta diiringi lagu-lagu seperti theatre song atau musik dengan intro orkestra yang dimainkan berirama dengan laser lightnya. Lampu yang dimainkanpun dari berbagai warna dengan pergantian warna yang menyesuaikan lagu.

Marina bay sands Light & sound show

2. Outdoor theatre
Di dekat tepian laut Merlion juga ada panggung megah atau mereka sebut outdoor theatre yang kalau tidak salah di hari-hari tertentu memainkan band orchestra yang hadir dengan segala komponennya seperti pemain harpha, biola, penyanyi seriosa, dan lain-lainnya. Kebetulan pada waktu itu aku berkunjung di Hari Minggu dan aku mengambil kesimpulan bahwa mungkin mereka bermain hanya di hari libur saja karena di kunjunganku sebelum-sebelumnya, di weekdays, tidak ada orchestra seperti yang aku lihat. Cukup menyenangkan mendengarkan orchestra secara gratis, dipinggir laut,di temani gemerlapnya lampu-lampu Singapura, dan Marina Bay Sands menjadi background-nya.

Show terakhir meraka kalau tidak salah sekitar pukul 8 malam, dan setelah itu tidak ada lagi.


3. Mini cruise
Masih di daerah merlion, kalian bisa menaiki cruise (mungkin mini cruise lebih tepatnya) yang menyusuri Singapore river. Kalau tidak salah start dari patung merlion kemudian berputar-putar hingga menyusuri kawasan clarke quay kemudian kembali lagi ke patung merlion. Dan merogoh kocek yang lumayan mahal, untuk lebih tepatnya berapa aku lupa hehehe. Hanya saja untuk menikmati sebuah view yang belum pernah kita nikmati sebelumnya, kenapa tidak membayar dengan harga yang sedikit lebih mahal.

That's the mini cruise im talking about. Unique isnt it.

4. Kuliner
Di kawasan tersebut juga banyak restaurant dan kios makanan, namun hanya buka hingga sekitar pukul 10 malam. Jadi untuk kalian yang ingin duduk-duduk di tepian laut merlion park hinga larut malam, usahakan bawa makan atau minuman sendiri.



5. Enjoy the view
Dan tentunya, di pinggiran Singapore river hingga menuju ke Helix bridge disediakan dudukan sepanjang pinggiran, dengan railing yang bisa kita sandari dan tentunya juga aman untuk kalangan dewasa yang ingin duduk-duduk santai sambil chit-chat dan menikmati lampu-lampu malam Singapura dari bangunan-bangunan tinggi kawasan one fullerton, serta menikmati hembusan angin malam yang bikin masuk angin juga hehehe

MRT terdekat : 
1. RAFFLES PLACE - EW24 / NS26
2. CITY HALL - EW13 / NS25

2. Helix Bridge
Masih disekitar kawasan merlion park, berjalan sedikit ke arah esplanade bridge dan sedikit berjalan melewati jembatan tersebut, kita akan menemukan helix bridge. Helix bridge sendiri selain menjadi pusat foto juga berfungsi sebagai penghubung bagi pejalan kaki untuk menuju ke kawasan Garden by the bay dan Marina Bay sands. 

Tidak ada aktivitas atau hiburan khusus di Helix bridge. Namun bagi pecinta fotografi atau bagi kalian yang ingin mencari spot foto, Helix bridge memang sangat cantik ketika dikunjungi di malam hari. Selain bentuk Helix atau dalam bahasa Indonesianya spiral yang melingkar disepanjang jembatan, juga terdapat gemerlap lampu-lampu yang ada di setiap spiral Helix bridge.

Tentunya tidak ada batasan waktu berkunjung karena Helix bridge dibuka 24 jam. Tapi siapa juga yang bakalan dateng kesini di jam 2 pagi 😁😁




Sorry for the bad quality of the photos. If im not mistaken, this photos taken by my samsung J2.

3. Garden by The Bay
Untuk yang belum tahu apa itu garden by the bay dan bagaimana cara untuk menuju kesana, kalian bisa baca dulu tulisan aku sebelumnya disini


Kata siapa garden by the bay tidak bisa dinikmati ketika langit gelap tiba. Justru bagi beberapa orang mungkin lebih suka menikmati sesuatu di malam hari karena suka bermain dengan gemerlapnya lampu-lampu. Mungkin untuk beberapa kawasan, Garden by the bay ketika di malam hari tidak terbuka sepenuhnya, seperti taman-taman kecil dan taman-taman tematik yang ada di sekitaran Supertree grove.

1. Light & sound show
Seperti yang aku ceritakan di tulisan sebelumnya bahwa supertree grove justru lebih seru dinikmati ketika malam hari karena pemandangannya justru lebih gemerlap karena lampu-lampu yang dipasang di pohon-pohon buatan terlihat seperti stargazing yang ada di sebuah kaki gunung. Ditambah dengan berkedipnya lampu-lampu dengan berbagai warna tersebut ketika sebuah pertunjukan light & sound ditampilkan. Berasa ada di dunia avatar yang part dimana si avatar cewek ada di hutan penuh kunang-kunang.

Setiap malamnya, pertunjukan atau atraksi ini diadakan 2 kali  sekitar pukul 19.45 dan 20.45. Untuk durasi berapa menitnya aku agak lupa dan kurang begitu menyadari juga. Dan bisa kalian nikmati secara FREE.





2. OCBC skyway
Masih di area supertree grove, ada atraksi lain yaitu ocbc skyway yang dimana kita diantarkan ke puncak batang supertree yang sudah tergantung jembatan, dan kita menyusuri jembatan yang tergantung diantara batang-batang supertree grove. Kalau malam hari sih agak lumayan rugi ya kalau naik ke atas, karena hasil foto dan view tidak seterang ketika di siang atau sore hari.
Menurut cerita temen-temen yang pernah naik ke atas, katanya sih seru, tegang, dan agak bikin jantungan karena begitu angin berhembus, jembatannya agak shaky. Belum lagi lantai jembatan yang gak sepenuhnya tertutup, dimana separuh lantainya adalah besi jaring-jaring dimana kita bisa ngeliat keadaan di bawah.

Jembatannya mana ? ya itu yang ngelingker ..

Tiket OCBC skyway :
$8 untuk dewasa
$5 untuk anak-anak 3-12 tahun

Jam Buka :
09.00 - 21.00 (penjualan tiket terkhir pukul 20.00)


3. Flower dome & Cloud forest
Flower dome dan cloud forest juga masih buka di malam hari, namun dengan jam-jam tertentu. Untuk mendapatkan view yang bagus, aku menyarankan berkunjunglah di siang atau sore hari karena di waktu malam hanya akan terlihat lampu-lampu saja. Jadi beberapa bunga tidak akan terlihat jelas warnanya karena sudah tercampur dengan warna lampu. Kecuali jika ada special occassion seperti Christmast and new year, atau acara-acara lainnya, mereka akan totalitas menghiasnya menjadi seheboh mungkin.



Disclaimer : kebetulan aku belum pernah berkunjung ke flower dome dan cloud forest di malam hari. Jadi foto yang aku tampilkan disini merupakan foto hasil memalak temen-temen yang kebetulan pernah berkunjung kesana di malam hari. heheehehehe thank you guys....

4. Kawasan Clarke Quay


Kata singaporean sih clarke quay ini pusat kotanya Singapura, yang dulunya adalah satu-satunya pusat perdagangan terbesar, walaupun sampai sekarang masih menjadi pusat perdagangan, namun tidak sebanyak dan sebesar dulu. 

Ada beberapa aktivitas yang bisa kalian lakukan di sini :

1. Kuliner dan Night Club
Clarke quay sendiri lebih ramai dikunjungi ketika malam tiba karena club malam lah yang menjadi daya tarik utama kawasan tersebut. Jangan kaget juga jika sudah memasuki pukul 9 malam, banyak tante-tante atau mbak-mbak dengan dandanan heboh dan pakaian super minim juga mas mas-mas atau om-om ganteng  berkeliaran di kawasan clarke quay.


Kawasan restaurant dan night club


Dan beberapa restaurant bonafit dengan harga makanan yang pricey enough, yang disuguhkan pemandangan tepi sungai Singapura. 

Karena waktu itu aku sudah kenyang, akhirnya masuk ke salah satu restaurant, dan kebetulan gak tertarik juga dengan menunya, satu-satunya yang bisa dinikmati adalah beer. Hehehehe dont judge me guys 😋 I drink occasionally kok. Not too much. Beer ecek ecek pula.


2. Enjoy the view and taking moment
Hampir sama dengan tepian sungai di dekat patung Merlion, kita juga dapat menikmati suasana clarke quay di malam hari, duduk-duduk di tepisan sungai sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan lampu-lampu yang berasal dari bangunan-bangunan tua yang disulap menjadi lebih hidup ketika malam hari. Serta menikmati semakin ramainya kawasan tersebut ditambah suara-suara music disko yang berasal dari club-club tersebut. 


Kalau tidak salah, di clarke quay kita juga bisa menikmati river cruise. Hanya aku tidak terlalu mengetahui cara dan berapa tarif yang dipatok. Hehehe aku cukup ngeliatin cruisenya mondar mandir aja dan foto-foto narsis tentunya.




MRT terdekat : 
1. CLARKE QUAY - NE5

Atau
Bisa berjalan kaki dari one fullerton atau kawasan patung Merlion. Ikuti arah sungai atau arah river cruise berjalan. Karena letak clarke quay masih satu jalur sungai dengan one fullerton.

5. Mustafa Centre shopping centre
Bagi kalian yang masih ingin berbelanja walaupun hari sudah semakin larut, Mustafa centre lah pilihannya. Karena (setau aku) satu-satunya tempat oleh-oleh yang buka 24 jam yang lengkap dan segala rupa barang yang kamu cari ada disini. Dan menurutku tempat ini wajib dikunjungi untuk kalian yang bosen dan gak tahu harus ngapain lagi ketika hari sudah semakin malam. Jadi kalian punya lebih banyak waktu mengkalkulasi dan memilih-milih oleh-oleh yang akan kalian beli, karena kadang mustafa centre banyak banget ngasih promo kalau lebih diteliti lagi. Terutama jenis makanan seperti snack, cokelat, dll.

Source by lupa hehehehe
Lokasinya sendiri berada di sekitaran kawasan little India. Warga Singapura menyebutnya Mustofa shopping centre. Karena dari segala parfume, jam tangan branded dan non branded (ini asli lho no kw kw), baju branded dan produk produk lainnya yang kalian cari akan kalian temui disini. Bahkan warga Singapura grocery shoppingnya ya disini. Butuh effort untuk mencari barang-barang yang kamu inginkan, karena tempat ini tidak kecil. Saking luasnya, aku sampai bingung bagaimana caranya keluar.
Jangan kaget juga kalau seisi tempat ini adalah orang India, Bangladesh, dan sekitarnya. Dan jangan kaget juga kalau mereka berbicara bahasa Inggris dengan logat India yang ketika bilang bottom jadi boddom 😅




Karena ini supermarket, jadi gak bisa seenak jidat tawar menawar. Harga yang tertera ya itulah yang harus dibayar. Dan untuk masuk sini bener-bener ketat banget. Bawa tas kresek macem gembel aja bener-bener harus dititipin di depan. Pokoknya masuk sini cuma boleh bawa dompet deh.
Obat yang kamu cari-cari bahkan lengkap ada disini. Ibarat kata dari ujung rambut, sampe telapak kaki yang pengen kamu cari ada disini, kecuali JODOH. Termasuk make up dari segala merk juga ada disini. Sampai electronic macem macbook, iphone, segala produk Samsung dan yang lainnya juga ada. Ibarat kata ini tuh harta karun gitu hahahaha tapi nebusnya pake duit ye...alias bayar !!
 
 


 



 




 Satu lagi yang paling terngakak adalah, mereka jual kaset India. Lengkap selengkap-lengkapnya.






Oh ya, di sekitaran little India atau sekitaran mustafa centre banyak kios makanan yang buka 24 jam. Dan lumayan enak-enak kok makanannya. Tinggal jalan kaki aja nyusurin jalanan di sekitar mustafa, kemudian lewatin arab st atau kampung arab hingga ke daerah bugis. Hampir rata-rata mereka buka hingga 24 jam.

MRT terdekat : 
1. FERRER PARK - NE8

6. Bugis Street
Di kawasan Bugis ada satu pusat oleh-oleh yang lebih mirip seperti pasar di sebuah gang, yang kebetulan letaknya ada di jalan Bugis atau mereka menyebutnya Bugis street, yang dimana menjual berbagai oleh-oleh khas Singapura dari mulai gantungan kunci, magnet kulkas, dan hiasan lainnya dengan gambar ikonik negara Singapura. Tidak hanya itu, di Bugis street yang terdiri dari 3 lantai ini juga menjual berbagai accessories serta baju, tas, jam tangan, hingga sepatu.


Bugis street termasuk ke dalam wisata malam di Singapura karena hingga malam menjelang, tempat ini masih buka dan ramai pengunjung. Bagi kalian baru saja tiba di Singapura sore hari, mungkin bisa mampir ke tempat ini untuk sekedar membeli oleh-oleh.

Atau jika kalian hanya ingin sekedar kuliner kaki lima ala ala taiwan street, jajanan disini gak kalah enaknya kok. Dengan harga yang cukup terjangkau tentunya.






Fyi, disini gak ada kegiatan tawar menawar ya guys. Harga yang tertera adalah harga yang mereka jual. 

Jam Buka : 11 am - 11 pm (beberapa toko)

MRT terdekat : 
1. ROCHOR - DT 13

*****

Tulisan kali ini semoga membantu kalian yang berlibur ke Singapura ketika malam hari tiba bingung mau ngapain.

Seperti yang aku bilang di awal bahwa ini berdasarkan tempat yang pernah aku datangi. Dan masih banyak lagi wisata atau tempat-tempat asyik di malam hari yang ada di Singapura, yang belum pernah aku datangi.

Thankyou yang udah mampir.

See you di trip selanjutnya....

Love, Yunda

You can reach me by social media anytime
IG :    Ayunda Novi

Comments

Popular Posts