15 TIPS JALAN-JALAN KE SINGAPURA ( untuk yang baru pertama kali )

Patung Merlion, Singapura


Baca juga : Indahnya Garden by the Bay di Singapura

Baca Juga : Wisata malam di Singapura

Tips untuk destinasi lainnya baca juga :
12 Tips mudah jalan-jalan ke malaysia

Semenjak banyak sekali penawaran tiket murah ke Singapura (khususnya dari Surabaya yang biasanya jarang) begitu banyak orang Indonesia yang  berkunjung ke negara tersebut. Negara yang dulunya hanya bisa disinggahi oleh orang-orang berduit dengan tujuan utamanya adalah belanja. Dan sekarang ada banyak sekali alasan dan tujuan ketika bertandang ke Singapura. Tidak hanya orang berduit saja. Siapapun bisa....

Sebelumnya aku ulas tentang tips hemat murah meriah disini dari dimana aku bisa dapetin tiket murah sampai penginapan dan makanan minuman murah di Singapura. Kali ini yang aku bahas adalah tips untuk kalian yang baru pertama kali ke Singapura, sendirian, tanpa travel agent, dan anti nyasar. Hahahahaha ini tips berdasarkan pengalaman dari aku sendiri ketika pertama kalinya mengunjungi negara tersebut.


1. Tiket Pulang-Pergi (return)
Wajib yang namanya punya return ticket karena pada saat kita check in, kita harus menunjukkan tiket kepulangan kita kepada petugas check in. Dan mereka juga biasanya akan menanyakannya. Begitupun ketika di immigration check Indonesia maupun Singapura juga akan menanyakan tiket kepulangan kita. Tujuannya adalah mereka takut bahwa kedatangan kita ke Singapura untuk mencari pekerjaan secara ilegal.


2. Bea Cukai / Baggage check di Indonesia
Jangan bawa apapun yang berbau liquid dalam kemasan besar misalnya parfum, make up kit, botol minum, dll. Pengalaman aku bawa facewash ukuran 250 ml dan masuk ke tong sampah gitu aja karena not allowed for cabin baggage dan tiket yang aku beli promo rata-rata tanpa bagasi kargo. Jadi harus terima untuk dibuang atau disita (tanpa dikembalikan).
Saran aku untuk kalian yang gak punya bagasi cargo adalah belilah make up kit travel size for flight dalam wadah transparan, yang biasanya isinya hanya untuk beberapa ml saja, dan pindahkan semua make up kalian ke wadah travel size tersebut.
Pict source : here
Rokok yang akan kalian bawa diijinkan untuk masuk Singapura, hanya saja sebatas 2 sampai 3 pack saja. Bukan beberapa slot, karena petugas bea cukai akan menyitanya atau kalian harus membayar tax sesuai yang Indonesia atau Singapura tentukan berapa besarannya. Kalian akan dikira buka lapak di Singapura 😀


3. Tissue basah untuk toilet di Singapura
Bagi toilet user seperti aku yang biasa memakai air untuk (maaf) cebok, tissue basah sangat membantu sekali. Selain tissue yang sudah dalam keadaan basah, juga wangi, menurut aku praktis ketimbang tissue kering. Percaya deh, di penjuru Singapura rata-rata tidak ada yang namanya jetwash di closetnya 😢, yang ada hanya tissue kering dan aku sendiri gak bisa membayangkan yang namanya setelah BAB hanya diusap pakai tissue. Kalau si ceking sih waktu itu kemana mana bawa botol kosong yang di refil di wastafel terus difungsikan buat cebok. Hahahahahaha trust me, itu ribet !!!


4. Isi kartu kedatangan (embarkation card)
Bagi yang pernah ke Malaysia mungkin di bagian imigrasi tidak seribet ketika memasuki Singapura dimana harus mengisi embarkation card selengkap-lengkapnya. Kalo gak lengkap ya balik ke stand pengisian terus di isi lagi sampe lengkap. Gak usah takut salah ngisi karena di dinding sudah ada panduannya. Ada juga panduan yang pakai bahasa indonesia kok.

Letak stand pengisiannya ada di sebelah kanan sebelum memasuki immigration counter. Setahu aku di terminal 1 2 dan 3 sama saja untuk letak stand pengisian embarkation card.

Aku lupa foto posisi letak stand pengisiannya. Yang jelas ada di sebelah kanan sebelum ngantri di imigrasi konternya

Ketika on flight, para flight attendant juga akan membagikan embarkation card sesaat sebelum landing. Tergantung bisa kalian ambil atau tidak, karena bagi kalian yang pertama kali ke Singapura jelas akan bingung cara mengisinya. Jadi saran aku adalah ambil dan isilah di stand pengisian karena disitu sangat lengkap petunjuknya.

Untuk yang ingin tahu detail pengisian embarkation card, coba ikuti penjabaran yang aku buat di bawah ini.


#1 Isi nama kalian sesuai passport. Jangan disingkat !! 

#2 Isi nomer passport. Awas kebolak balik ya guys nomernya.

#3 Untuk City adalah asal penerbangan kalian. Aku terbang dari Surabaya jadi aku isi SURABAYA

#4 Country ya negara asal. INDONESIA 

#5 Flight number &  nama maskapai sesuaikan dengan tiket. Pastikan jangan sampe tiketmu hilang atau lecek ya. Pengalaman aku naik air asia karena tiket print nya macem struk supermarket, ya otomatis tulisannya mudah hilang.

#6 Addres in Singapore adalah tempat tinggal sementara. Ini wajib banget di isi karena mereka memastikan bahwa kalian tidak akan menggembel di negara mereka. Fyi, aku ngawur kok isi alamatnya. Tinggal cari aja hotel-hotel di Traveloka terus contek alamat yang tertera. Hehehehe beres. Mereka gak akan ngecek sampe segitunya.

#7 Country Of Birth yaitu negara tempat kamu lahir. Sesuaikan yanga ada di passport.

#8 Date Of Birt / DOB yaaa tau sendirilah

#9 Last City before Singapore adalah Kota yang kamu singgahi sebelum memasuki Singapura.

#10 Next City after Singapore sesuaikan dengan tujuan kamu selanjutnya setelah keluar dari Singapura. Misalnya ke Malaysia, Thailand, atau kembali lagi ke Surabaya. Karena aku setelah dari Singapura kembali lagi ke Surabaya, ya aku tulis SURABAYA

That's all, tinggal kalian tandatangani. Lagi-lagi sesuaikan dengan passport karena petugas akan men-scan pasportmu dan muncullah tanda tangan yang kalian input ketika pembuatan paspor.

Dibutuhkan juga scan jempol ketika di konter imigrasi. Dan proses ini agak lama banget karena bagi penderita telapak tangan yang suka keringetan tanpa sebab kayak aku, asli ini menyulitkan !!!


5. Melewati Immigration counter
Untuk orang Indonesia yang hendak ke Singapura untuk berlibur tidak dikenakan visa alias gratis (untuk 30 hari) asal siapkan tiket kepulanganmu. Yang dikenakan visa adalah bagi kalian yang berencana bekerja (stay lama) atau study. Jadi kalian tinggal ambil antrian ke foreigner dan  ikuti rules meraka yaitu no handphone, no camera, no food, dan antri satu persatu hingga saatnya dipanggil. Kecuali kalau kalian yang ingin kena semprot petugas imigrasi yang galaknya pakai banget (ini gak bohong guys 👅)

*Singapura termasuk negara yang menjunjung tinggi yang namanya kedisiplinan ketika antri. Jadi kalian jangan asal coba-coba masin serobot.

Ps : Kalau petugasnya nanya, jawab saja seadanya. Biasanya hanya seputar apa yang dilakukan di Singapura atau bersama siapa kalian kesini. Untuk kalian yang agak susah berbahasa inggris, jawab dengan bahasa Indonesia. Mereka akan paham bahasa kamu dan maklum karena rata-rata petugas imigrasi tersebut orang Melayu.


6. Ambil bagasi dan melewati bea cukai Singapura
Setelah melewati immgration counter check, kalian akan menemui conveyor baggage. Bagi kalian yang mempunyai bagasi tunggu hingga conveyor baggage berjalan membawa bagasi kalian. Biasanya agak lama karena mereka akan menyalakan conveyor setelah para penumpang melewati imigrasi. Jadi kalian tidak bisa berlama-lama berputar-putar di dalam bandara karena bisa-bisa bagasi kalian akan berada di konter lost & found.

Namun jika tidak ada bagasi (biasanya pesawat low cost carrier tidak termasuk bagasi) kalian bisa langsung keluar dan melewati bea cukai. Asal pasang muka tenang, mereka tidak akan mencurigai bawaan kalian. Kecuali jika kalian membawa koper berukuran besar, mereka akan menggeledah. Apalagi bea cukai daerah asia tenggara sedang memasuki red line alias waspada dikarenakan banyak imigran yang suka menyelundupkan narkoba dan barang-barang lainnya.


7. Cari peta wisata dan peta transportasi umum
Warning : Ini penting banget karena kalian tidak akan paham tanpa 2 maps tersebut !!

snapshoot by ceking

Setibanya di Changi Airport Terminal 1,2 maupun 3, kalian akan banyak sekali menemukan booklet / brosur dan sejenisnya di rak-rak dekat immigration gate atau di sisi manapun. Aku rasa gak sulit untuk menemukannya. Atau kalian bisa menemukannya di bagian informasi. Dan jangan asal ambil brosur karena mereka menyediakan banyak sekali brosur dengan ragam bahasa.
Setau aku Bahasa Indonesia ada, tetapi lebih banyak bahasa chinesse cantonese dan inggris. Cari aman sih ambil yang in English aja.

Di brosur tersebut juga ada City Maps dan MRT Maps yang kalian pasti butuhkan selama di Singapura. Selain itu, pentingnya ambil brosur adalah banyak sekali tempat wisata yang seru-seru yang di mark pada City Maps. Jadi kalian bisa merencanakan destinasi yang akan kalian ambil. Pun kalian bisa memperhitungkan jarak antara hotel, MRT station, dan tempat yang akan dikunjungi nantinya. I think it was helpful waktu aku pertama kali ke Singapura. Terkadang banyak voucher discount pada brosur yang kalian ambil.

Untuk kalian yang malas ambil city maps karena jika di jembreng brosurnya bakalan sebesar sajadah sholat, persiapkan destinasi yang akan kalian kunjungi di rumah atau sebelum berangkat.
Di zaman modern seperti sekarang ada aplikasi MRT maps yang bisa di download di playstore. Dan memakainya-pun mudah. Hanya tinggal ketik stasiun mana yang kalian naiki dan stasiun mana yang menjadi tujuan.

For free in playstore (kurang tahu di ios ada atau tidaknya)

Atau kalian bisa download gambar ini dan simpan di smartphone-mu sebagai bekal biar gak lost.


ps : They do the updated in every years, jadi hati-hati download maps lama. Lebih baik minta saja mrt maps di bagian information mrt


8. Transportasi Antar Terminal Changi Airport GRATIS
Sebagai pemberitahuan bahwa Changi Airport saat ini (2017) terdiri dari 4 terminal (terminal ke-4 baru dibuka tahun ini) dan Changi airport mempunyai penghubung antar terminal. Ada 2 pilihan transportasi yang disediakan dan tergantung kebutuhan kalian. Ada shuttle bus yang terletak di luar airport dan Skytrain yang dapat kalian naiki tanpa perlu keluar airport. Terminal 1 & 2 terletak dalam satu area yang dimana tidak membutuhkan skytrain untuk menempuhnya. Semuanya FREE !

Sebagai contoh biasanya aku naik jetstar yang dimana turun di Terminal 1, kemudian jika aku ingin ke Terminal 3 untuk cari makan, aku harus menaiki sky train. Atau sebaliknya jika aku turun di terminal 3 dan ingin menuju ke terminal 1, aku harus menaiki skytrain.




Lagi-lagi tidak perlu takut kesasar karena di Changi sendiri terdapat petunjuk yang terpampang jelas dan nyata dimana-mana sejauh mata memandang. Untuk kalian yang agak-kurang-bisa berbahasa inggrispun aku rasa tidak sulit untuk memahaminya.




9. Transportasi dari Changi Airport dan sekitar Singapura
Singapura termasuk negara maju dengan transportasi umumnya yang sangat bagus juga ramah pengunjung. Jadi ada beberapa pilihan transportasi yang menurut aku benar-benar tidak akan membuat bingung walaupun belum pernah kesini sama sekali sebelumnya. Ada Taxi, Bus, dan MRT.

Jenis MRT di Singapura di St. Jurong East
Salah satu stasiun MRT di Singapura. Pic from Here

  

Bus di Singapura, transportasi darat selain MRT

Untuk transportasi dari Changi Airport, sesuai pengalaman transportasi yang aku gunakan adalah MRT. Hampir sama sekali tidak pernah menggunakan Taxi karena aku rasa cukup mahal walaupun kita bisa menggunakan uber dan uber di Singapura jangan dibayangkan semurah di Indonesia ya guys. Disini fair kok, atau tarif taxi hampir sama dengan taxi lain kecuali taxi premium yang memang dimana-mana juga mahal. Dan mahal tidaknya tarif taxi tergantung di jam berapa kamu menggunakannya. 

Setahu aku di atas jam 11 malam dan di bawah jam 6 pagi akan sangat mahal untuk tarif sekali jalan dan juga belum termasuk tax dan lain-lain. Jangan kawatir adanya taxi gelap karena disini sama sekali tidak ada (khususnya bandara) atau jangan takut berebut tidak kebagian taxi karena bisa dipastikan juga jika kalian ingin naik taxi, harus mengantri dengan antrian mengular.

Di era 2019 yang dimana kemajuan teknologi sangat berkembang pesat, kita juga bisa menggunakan online taxi yang dapat dengan mudahnya dipesan melalui aplikasi di smartphone. Pun juga kita bisa menentukan lokasi penjemputan. Seperti Grab dan Go Car yang sudah lumayan cukup menjamur di Singapura. 

Anyway, Gocar lebih murah lho tarifnya ketimbang grab. 

MRT Changi Airport yang dapat di akses dari Terminal 2 dan 3
Logo yang berwarna kuning (papan kiri) merupakan logo MRT. Dan papan di sebelahnya adalah penunjuk waktu kereta akan tiba dalam sekian menit

Untuk bus sendiri aku tidak pernah menggunakannya karena aku rasa cukup membingunkan dengan kode dan tujuan yang mereka gunakan. Banyak orang menyarankan naik bus karena tidak perlu capek-capek naik turun eskalator untuk menggapainya seperti ketika naik MRT. Dan kelebihan lainnya adalah kalian bisa melihat sekeliling bangunan-bangunan  dan suasana jalanan di Singapura.

ps : Entah kenapa aku lebih suka naik MRT selain murah, juga merasakan sensasi yang berbeda dari kota tempat aku tinggal. Kapan lagi naik MRT kalau bukan di Singapura 👅👅.


10. Ez-Link Card untuk MRT dan Bus
Metode pembayaran untuk transportasi umum di Singapura menggunakan Ez-Link card yang ibarat di Indonesia yaitu e-money, yang bisa kalian top-up berapapun kisarannya. Hanya saja ez-link card di Singapura hanya bisa digunakan pada MRT, bus dan monorail ke Sentosa island. Tidak bisa digunakan untuk Taxi, ticket pass, atau pembelian di supermarket (supermarket tertentu bisa seperti seven eleven).

Kalian bisa membelinya di passanger service / information di sekitar stasiun MRT. Untuk Top-up pertama sebesar 11 sgd yang isinya 7 sgd sebagai deposit, yang nantinya bisa dikembalikan ketika pulang dan sudah tidak menaiki MRT atau bus lagi. Kalau hilang ya sayang uang deposit 7 sgd nya. 70 ribu melayang dong hehehehe. Untuk kalian yang berniat menyimpannya dan menggunakannya di lain waktu juga tidak masalah, karena ez-link tidak ada batas waktu expirednya.

Waktu itu kebetulan dikasih ez-link edisi independence day-nya singapore yg ke-50

Ada juga ez-link 3 or 7 days tourist pass yang dimana kalian membelinya sekitar sekian 30 sgd (lupa nominalnya) dan limited alias ketika kalian pergi kemanapun menggunakan MRT dan bus tanpa perlu meng-top-up-nya kembali. Seperti dengan judulnya, card ini punya batas waktu tergantung kalian membelinya yang 3 atau 7 hari. Dan menurut aku sangat mahal karena untuk 7 hari muter-muter Singapura juga gak akan sampai menghabiskan 30 sgd atau 300ribu rupiah.

30 sgd + 10 sgd (deposit) unlimited used  3 days pass

Untuk top-up ez-link tidak bisa dilakukan di seven eleven atau sejenisnya, maupun di ATM juga tidak bisa. Top-up hanya bisa dilakukan di information di dalam MRT station (biasanya petugasnya akan nyaranin ke machine) atau di machine khusus untuk top-up ez-link. Caranya tinggal ikutin aja step by step nya di layar. Dan jangan lupa pilih bahasa yang menurut kamu mudah di mengerti.

Eh ada masnya 😍






11. Money Changer, ATM, Credit Card
Bagi kalian yang memang sudah berniat untuk bepergian ke luar negeri, pastinya harus sudah siap dong yang namanya perbekalan uang. Peraturan di jaman dahulu sih diwajibkan yang namanya bawa uang 300 sgd tunai sebagai pembuktian bahwa uang segitu cukup untuk hidup 3 - 4 harian. 
Bawa secukupnya aja karena di Singapura juga pastinya banyak money changer berjejer. Hanya saja kalian akan merasa kerepotan jika harus menukar uang terlebih dahulu, dan pastinya akan memakan waktu liburan juga. Karena belum tentu money changer ada di sekitar kalian atau satu tujuan dengan destinasi yang akan dipilih.

Di jaman modern seperti sekarang sih segala apapun bisa dilakukan termasuk tarik ATM dimanapun dan kapanpun maupun itu diluar negri sekalipun, apalagi hanya di Singapura. Pastikan bahwa ATM yang kalian gunakan bisa tarik tunai di mesin ATM Singapura. Atau bisa dilihat dari jenis ATM yang digunakan seperti ATM berlogo visa, cyrus, Master card dll dan tinggal cari mesin ATM dengan logo yang sama. Uang yang kalian terima nantinya jelas sesuai dengan negara yang kalian singgahi dan tergantung kurs dari masing-masing bank yang digunakan. Kalau Singapura pastinya yang keluar dollar Singapura. Dan pastinya lagi sih ada biaya yang sepengalaman aku yaitu 5 sgd atau 50ribu untuk sekali tarik. Mahal ya 😫

ps : Pastiin dulu ke Bank yang kalian pakai bahwa kartu ATM yang akan digunakan bisa tarik tunai di luar Indonesia.

Cocokin aja sama kartu ATM yang kalian punya pakai logo yang mana

Bank-bank di Indonesia yang bisa bertransaksi di negara lain terutama di Singapura juga banyak kok selain di atas yaitu ocbc nisp, Niaga Bank, Citibank, Maybank dan beberapa International Bank lainnya. Karena aku gak mau rugi kena charge 5 sgd ketika penarikan, sekalian aja buka rekening di Citibank hehehehe. Jadi ketika bepergian ke luar Indonesia manapun aku bisa tarik tunai lewat ATM.
Begitupun dengan credit card juga bisa digunakan ketika kartu yang kalian gunakan berlogo visa. Tapi jangan sekali kalinya menggunakan kartu kredit di luar Indonesia karena pasti biaya charge nya tinggi.


12.  Aturan (sepele) di Singapura yang harus kalian ikuti 
Sebenarnya aturan di Singapura tidak jauh berbeda dengan Indonesia, hanya saja banyak sekali aturan-aturan sepele di Indonesia yang ketika di Singapura tidak boleh di lakukan atau jangan sampai deh kalian sepelekan. And you have to deal with that 😎
  
Permen karet, di Indonesia mungkin kita bisa makan permen karet sepuasnya dan membuangnya sesuka hati. Bahkan kadang aku nemuin bekas gum yang nempel dimana-mana. Jorok memang dan gak kebayang aja virus dari air liur siapa yang sudah tersebar hehehehhehe. Di Singapura jangan harap bisa ngelakuin hal bodoh seperti itu. Dan kalian gak akan menemukan supermarket atau kios kios kecil yang menjual gum. Pernah iseng nanya ke singaporean kenapa gum tidak boleh beredar di Singapura, dan jawaban mereka adalah sampah gum itu susah dibersihinnya apalagi jika sudah menempel di jalan. Jadi Singapura tidak mau bersusah payah buang waktu hanya untuk bersihin gum yang nempel dimana-mana. 

Rokok, tidak jauh berbeda dengan Indonesia, di Singapura juga banyak sekali smoker dan dimana-mana juga menjual rokok. Dan rokok yang kalian bawa dari Indonesia pun juga tidak akan diambil petugas bea cukai ketika pengecekan (tergantung berapa pack yang kalian bawa sih, asal gak kebangetan kayak mau buka lapak). Hanya saja ada aturan ketika merokok, dan tidak disembarang tempat, sambil jalan, di dalam ruangan, atau sambil naik motor (ini kebangetan) bisa seenaknya isep-isep rokok seperti yang orang Indonesia lakukan 😅😅 Mau gak mau kalian harus merokok di tempat yang sudah disediakan. Jika tidak ada, merokoklah di luar ruangan di hadapan tempat sampah. *Fyi, harga rokok perbungkusnya 10-12 sekian sgd atau 100ribuan. Yakin masih mau ngerokok disana ? 

Jalan di eskalator, yang dimana Singapura dan (mungkin) negara maju lainnya mempunyai aturan tersendiri yaitu ketika menaiki eskalator berdirilah di sisi kiri untuk kalian yang berdiam. Sedangkan sisi kanannya diperuntukkan untuk orang-orang yang berjalan cepat khususnya terburu-buru di rush hour. Kita tidak bisa seenak jidat naik eskalator kemudian asal ambil sisi manapun. Kecuali jika rela di tabrak orang-orang yang lari-larian di tangga eskalator. 
Oh ya, di Singapura tidak bisa seenaknya memakai lift karena orang berkebutuhan khusus lah yang berhak naik lift. Cuman kadang kalau sepi aku pakai lift kok hehehehe asal tahu diri aja ketika di rush hour ya harus naik tangga manual atau eskalator.

Pic from here

Keluar masuk, yang dimaksud adalah ketika kita hendak keluar atau masuk dari pintu MRT, pintu Lift, atau pintu mana saja (doraemon kali ah 😁) wajib mendahulukan orang-orang yang akan keluar. Jangan sampe kalian langsung nyerondol masuk atau keluar tanpa aturan seperti yang biasa kalian lakukan di Indonesia. hehehe. 

Pict Source Lupa

Prioritaskan orang berkebutuhan khusus, terutama di dalam gerbong MRT atau bus yang sudah terpampang jelas ada priority seat yang dimana itu diperuntukkan penumpang berkebutuhan khusus. Kalau tidak ada penumpang bercirikan tersebut sih tidak masalah kalian mendudukinya. Asal jangan kelewatan guys.
Begitu juga pemakaian lift seperti yang sudah aku jelaskan di atas.

Menyebrang di penyebrangan, jangan seperti yang kita sering lakukan di Indonesia menyebrang tanpa melewati zebra cross dan tinggal acungkan tangan untuk menyetop kedaraan. Di Singapura disediakan zebra cross dan traffic light dengan fasilitas tombol stop yang digunakan untuk menyebrang. Jadi jangan asal menyebrang guys, this country have rules 😉

Makan dan minum, di Singapura punya aturan sendiri untuk yang satu ini. Terlebih di tempat publik seperti di Halte bus atau di Stasiun MRT yang benar-benar melarang kegiatan makan & minum. Pengalamanku dengan ceking pernah kelaparan kemudian duduk-duduk di area platform MRT dan kami makan seenaknya dan 5 menit kemudian kami di datangi polisi Singapura untuk memperingatkan bahwa kami harus membayar denda 500 sgd karna kami sudah melanggar aturan yang kami benar-benar tidak tahu (lihat peraturannya aja enggak hehehe) Untungnya sih enggak bayar denda apapun karena kami baru tahu dan baru datang ke Singapura untuk pertama kalinya 😓

Kenyataannya memang di sekitar public location yang aku datangi di seluruh Singapura sangat-sangat bersih. Jadi gak ada ruginya kok kalau memang dilarang makan dan minum disembarang tempat.

Those Rules !!!

Aturan menginap di Hotel (bukan hostel), yang agak berbeda dari Indonesia ketika kamu memesan kamar untuk 2 orang dan kemudian yang kamu bawa adalah 3 atau 4 orang, mereka akan mengenakan denda yang kalau tidak salah bisa mencapai 300ribuan per kepala. Bukan denda namun sebagai pengganti tambahan extra bed karena mereka hanya menyediakan room sesuai dengan yang di pesan. Jadi jika kalian memang datang ber 3 ber 4 atau ber sekian, lebih baik pesan room yang disesuaikan dengan jumlah orangnya. Beda dengan di Indonesia dimana biasanya aku pesan 1 room untuk 4 orang karena bisa tidur "untel-untelan" dalam satu kamar hehehehehe


13.  Beli online ticket pass wahana di Singapura
Di Singapura banyak sekali wahana atau tempat-tempat kece yang rugi banget kalau sampai terlewat. Maka dari itu banyak juga agen agen tiket yang menjual tiket melalui online seperti di traveloka misalnya.
Untuk sekali masuk ke universal studio dengan membeli tiket on the spot bisa 60 sekian sgd atau 600ribuan. Sedangkan banyak sekali agen tiket online yang menjual hanya sekitar 400 sampai 500 ribu sekian. Lumayan menghemat 150 hingga 100ribuan kan......

Jadi jika memang berencana ke Singapura, lebih baik sekalian di rencanakan tempat apa yang kita kunjungi. Jadi kita juga bisa sekaligus membeli tiketnya by online.

PS : Di beberapa hotel biasanya juga menawarkan diskon untuk tempat-tempat populer di Singapura.


14.  Hotel dan Hostel
Sering sekali traveller banyak yang salah paham dengan perbedaan hostel dengan hotel. Tidak jauh berbeda sebenarnya hanya situasi saja yang membedakakannya.

Hostel biasanya berisi lebih dari 2 orang dalam 1 ruangan atau kamar. Harga yang dipasang adalah per-orang (bukan per room) dan biasanya tarif nya tidak terlalu mahal kisaran 100 - 200 ribuan.

Phil inn Hostel - Kawasan Bugis, Singapura

Berbeda dengan Hotel yang biasanya dihitung dari tarif per-kamar nya. Tinggal disesuaikan berapa orang yang akan menginap. Dan pastikan sesuai dengan ketentuan kamar jika untuk 2 orang sebaiknya tidak digunakan untuk 3 atau 4 orang.

Loyd's Inn Hotel

15.  Koneksi Internet Portable
Kemajuan teknologi jaman sekarang membuat semua orang harus banget yang namanya punya paket data apalagi untuk kebutuhan update dan eksis. Banyak sekali pilihan paket data internet yang dapat digunakan ketika bepergian ke luar negri. Dan tentunya tidak semua tempat bisa kita dapatkan koneksi internet gratis tanpa password. Pun juga dengan paket data roaming tidak semurah Indonesia.

Salah satu koneksi internet luar negeri yang lumayan simple dan praktis, selain paket roaming, menyewa travel wifi dari Indonesia merupakan salah satu yang dapat menghemat cost karena kita cukup hanya membawa satu wifi yang bisa dipakai berbarengan atau thetering, sampai dengan 5 gadget.

JavaMifi bisa jadi alternatif solusi untuk sewa wifi karena selain keuntungan yang sudah aku sebutkan di atas, baterainya juga bertahan hingga 15 jam. Lumayan kan....

Untuk sewa bisa langsung ke www.javamifi.com



_____________________


That's all guys !!!
Seharusnya masih banyak lagi tips bagi pelancong yang pertama kali ke Singapura. Tetapi yang menurut aku penting dan perlu dijabarkan hanya ada 15 poin yang dimana aku juga pernah mengalaminya ketika jadi traveller (lebih tepatnya menggembel) di Singapura.

Thank You Guys sudah mampir.
Semoga bisa lebih sering update sesuatu yang berguna di lain waktu 😉


Ps : Lain waktu aku bahas tempat-tempat seru di Singapura yang harus banget buat di kunjungi


Have a nice day,

With love, Yunda











You can reach me by social media.
IG :   Letsgotoholiday
 
Hi Guys,
Aku juga ada beberapa ulasan mengenai Malaysia. Boleh dong mampir :))

Untuk info dan tips yang baru pertama kali ke Kuala Lumpur.
12 tips yang baru pertama kali ke Malaysia

Ada apa aja di Kuala Lumpur ?
Kawasan kota lama di Kuala Lumpur

Yang penasaran ada apa di Melaka
Melaka dalam satu hari

Dan yang penasaran dengan pantai di Batu Feringghi, Penang
Batu Feringghi Penang

Comments

  1. kak review phill inn hostel dong :)

    ReplyDelete
  2. tolong dong bikinkan itinerary yg efisien dan murah untuk ku..saya bawa anakku ke Sing 2 day 1 night...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera ibu, kebetulan juga saya memang akan buat itinerary untuk tempat tempat yng gratis di Singapura.
      Thank You udah mampir

      Delete
    2. Kirim ke aku juga mbak ayunda, sing 2 day,, tq

      Delete
  3. Halo kak mau nanya jd klo tarik uang di ATM singapore ada cash sebesar sekitar 50rb gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo...cash sebesar 50ribu itu maksudnya gimana ya? yg aku maksud 50ribu itu biaya antar bank gitu atau biaya charge seperti di indo biasanya kan 6ribu sampai 7ribuan. Karna ini antar bank negara jadi agak lebih besar nominalnya. Tergantung bank apa yg kamu pakai dan bermacam macam juga biayanya

      Delete
  4. halo ka...kebetulan awal tahun depan mau ke singapore, penerbangan sore dari jakarta, info donk wisata malam yg oke dan murah apa aja, rencana 3D2N? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sesegera mungkin ya aku buat update an mengenai wisata malam yang oke di Singapore.
      Thank you sudah mampir :)

      Delete
  5. siang mb, ad rekomendasi ga buat sewa van 13 seater disana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo....kebetulan pengalaman saya belum sampai situ. Jadi mohon maaf saya belum ada rekomendasi untuk sewa tersebut

      Delete
  6. Kak, rencananya aku dan suami mau ke sg bulan november 2018 ini, dan ini pertama kali nya. Aku agak sedikit bingung kak krn takut kesasar. Update itenerary yg simple dong kak untuk 3 hari 2 mlm. Dan gimana mnurut kk kalo aku milih hotel di kawasan geylang, tepat nya fragrance emerald hotel di lor 6 geylang. Mksih kak ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sarankan jangan inap di daerah geylang kak. Itu red district nya singapore. Lagipula jauh dr MRT terdekat. Silahkan browsing ttg geylang itu seperti apa kak. Memang harga hotel disitu lebih murah dibanding yg lain. Lbh baik di Bugis atau Little India untuk penginapan yg murah.

      Delete
    2. Wwwah...November bs bareng tuh...aku juga baru mau pertama kakinya...

      Delete
    3. Aku juga pertama kali , tgl ini berangkat

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. mbak, untuk ez link harus 1 kartu untuk 1 orang atau 1 kartu bisa buat ber-banyak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Bian, thankyou ya udah mampir.
      Untuk Ez-link, satu kartu hanya bisa dipegang oleh satu orang. Karena nanti kita masuk melalui peron satu persatu dengan ez-link yang kita punya.

      Delete
    2. kalau saya bawa anak apa anak saya jg harus punya kartu ez link sendiri?

      Delete
  9. halo mbak ,bulan dpn akhir sya pertama kali ke singapura slma 3 hari .akan tinggal di jalan besar indiehostel.menurut mbak kawasan di sana bagaimna mbk.trmksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo made, thank you ya udah mampir.
      Jalan besar itu masih kawasan india kok. Jadi aman aman aja asal gak tinggal di hostel atau hotel di kawasan red district atau kawasan pelacuran seperti daerah Geylang. Tetapi saranku tetap hati-hati dengan orang orang Bangladesh yang kebanyakan nipu turis. Jadi jangan mau deh kalau diajak ngobrol dengan mereka. sekalipun orang indianya juga, karena hampir tidak kentara bendanya. hehehe

      Delete
    2. wkwkwk iya sih pas aku pertama kali ke sg sebelumnya book hotel di daerah geylang soalnya cari yang murah,, eh pas malem di sana kok rame bet mobil mobil sport dan cewek cewek berkeliaran, eh ternyata baru ngeh kalo itu red zone, untung aja ane gak digerebek :))

      Delete
    3. aq pas ke sg nginep di geylang lorong 38 sama keluarga. alhamdulillah aman... meskipun geylang, tapi bukan di red zone.. sepertinya memang area tempat tinggal, soalnya ada playground, kalo sore rame buat mainan anak2..

      Delete
    4. @Bian nginepnya dihotel apa ya? makasih sebelumnya..

      Delete
  10. halo mbak rencana bulan sept 2018 saya dan anak2 mau kesingapura. kira2 dihotel mana bagusnya tinggal yg deket dng marlon dan obyek lainnya tentunya agak murah.
    makasih infonya mba.

    ReplyDelete
  11. Hallo mbak saya baru pertama kali ke singapore nih.. dan nginep di marrison hotel.. saya takut di negera orang takut kesasar lah apalah 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Marrison Hotel daerah Bugis ya. Aman kok dan sejauh ini Singapore sangat aman. Jika kesulitan pakai bahasa inggris, mereka juga bisa bantu pakai bahasa Indonesia kok.

      Thankyou ya sudah mampir.

      Delete
  12. Aduh.... jadi ga sabar mau liburan 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling seneng kalo denger ada yang mau liburan. Hehehe
      Have fun ya. And thankyou udah mampir :)

      Delete
  13. Kk aku pengen jan jalan ke singapore, kira² biaya yg pas buat kantong pelajar brpa ya mbak😂
    Thanks kk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Thankyou ya udah mampir.
      Untuk biaya semua trgantung konsumtif atau tidaknya kita. Hanya saja untuk jaga jaga barangkali petugas imigrasi di singapura menanyakan berapa uang yang kita bawa, ya kita harus mengikuti ketentuan. Yaitu 3 juta rupiah atau 300 sgd kurang lebihnya.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  14. sangat membantu.. saya rencananya tgl 5 udah brngkat ke singapore.. smoga aja lancar2 :D . trima kasih untuk info dan tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankyou ya udah mampir. Semoga liburanmu menyenangkan 😊😊

      Delete
  15. wah kapan ya bisa kesana, lumayan buat jadi eferensi ntar kalo di kasih rejeki berangkat ke singapura.

    Liburan Seru Pantai Eksotis
    nusa penida tour
    nusa penida tours

    ReplyDelete
  16. Mbaa aku mau tanya, kalo bawa makeup,catokan itu gimana yah😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok 😊 makeup juga boleh. Hanya saja kuatir pada waktu pulangnya. Kalo makeup yg branded dikira beli gitu di SG nya.

      Delete
  17. Hi i want to ask, do i need to buy singapore phone number to access the internet. Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. It depends on your provider. If your provider have access internet to another country, you can buy the internet data in your country first and then activate in Singapore (if im not mistaken). Or easily, you can buy the new number in Singapore.
      Thankyou for stopping by here 😊

      Delete
  18. Halo mbak.. saya mau tanya untuk info berikut :
    Isi EZ link klo untuk 3 hari berapa ya kira2 baiknya?
    Harga makanan normal contohnya seperti nasi goreng per pirsi berapa dollar sing ya?
    Sama klo saya ber 2 untuk beli sim card untuk 3 hari cari kuota yg berapa dolar sing ya?
    Klo saya budgetin 250 dollar sing untuk biaya transport, makan, dan internet apa cukup ya?
    Terimakasih sebelumnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bolehkah DM saya di IG atau email saya di ayundanovis@yahoo.com saya coba jelaskan 😊 terimakasih sudah mampir

      Delete
  19. Hallo sist salam kenal , akhir des aku mau ke sing sama anak aku ber 2 saja kira2 hotel yg dekat tempat wisata daerah mana ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh message saya di ig atau email saya di ayundanovis@yahoo.com

      Terimakasih sudah mampir :)

      Delete
  20. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  21. Replies
    1. Itu pilihan masing masing. Tetapi untuk menghemat, mendingan tanpa tour guide. Karena singapura juga bukan negara yang terlalu susah untuk dikunjungi.

      Thankyou ya udah mampir

      Delete
  22. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  23. Terimakasih banyak cantik. Sangat membantu

    ReplyDelete
  24. Hallo, aku mau ke sg dua hari lagi, tp kok takut sama imigrasinya ya malahan. Aku kesana buat ketemu dan orientasi sama orang2 perusahaan yg kebetulan head office nya di sg tp aku penempatan di batam dan belom booking tiket buat balik ke indo nya soalnya nunggu dari perusahaan yg beliin. Saya dari jogja-sg tp yg sg-batam belum beli kira2 nanti masalah tidak ya?
    Dan saya cuma seminggunan disana, apa nanti kena visa ya? Tolong pencerahaannya ya kak 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo boleh email saya :))
      Thankyou

      Delete
    2. Emailnya apa kak? Aku enggak belum nemu email nya kakak

      Delete
    3. ayundanovis@yahoo.com atau ada IG saya di letsgotoholiday

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  27. SALAM KENAL.. Mba Ayunda..
    Terima kasih sudah berbagi info... yang penting ini... heheh..
    Saya dan Istri dapat undangan acara nikahan di Johor Bahru Malaysia Tanggal 30 Maret 2019.
    Ini jadwal pertama ke luar negeri..
    karena pertama maka kami berencana memanfaatkan sebaik baiknya.. hehehe.
    selesai acara kami berencana berlibur ke singapura sekalian balik ke indonesia lewat bandara singapura.. untuk jalan-jalan di singapura kami butuh rekomendasi hotel yang strategis... saya coba lihat pengalaman yang pernah ke singapura di internet... saya mau mencoba HOTEL MI SINGAPURA... minta sarannya donk... terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga :))
      Terimakasih sudah mampir.
      Pertama, untuk hotel kebetulan saya belum ada rekomendasi hotel yg bagus. Karena kebiasaan ketika ke Singapore, saya menginap di hostel yang semalamnya 200ribu.
      Tetapi bulan kemarin saya mencoba menginap di wanderlust hotel, masih di daerah Bugis. Per kamarnya 1.5000 jutaan dan sayangnya tidak terlalu bagus.

      Coba cari penginapan di daerah orchard karena disana adalah pusat kotanya. Dan biasanya hotelnya lumayan bagus sekali (dengan harga yg lumayan juga tentunya).

      Delete
  28. Sangat bermanfaat sekali tulisannya.. Inshaa Allah awal April mo kesana backpacker an... Barangkali ada yg mo ke spore bisa bareng 😂😂😁

    ReplyDelete
  29. Mampir dong biar rame juga nih..
    https://www.blogger.com/follow.g?view=FOLLOW&blogID=1521266128517070766&pli=1

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  31. Makasi tips nya mbak 👍🏻

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Halo
    Kalo menginap di hotel saya mau bawa anak umur 7th dan 3th kira2 bayar brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau umur segitu saya kira tidak perlu menambah. Karna kemungkinan dihitung anak anak.
      Tetapi kembali lagi ke pihak hotelnya karena saya kurang tahu menahu :))

      Terimakasih sudah mampir

      Delete
  34. Enaknya kalo ke singapur bayar hotelnya ditempat atau pesen online ya? Kalo hostel lebih murah ada referensi gak hostel mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya, lebih enak booking online. Untuk menghindari sold out juga. Kalau booking online biasanya banyak sekali promo yg bisa kita ambil.
      Untuk hostel coba searching area chinatown, bugis, dan sekitarnya. Kebetulan sudah jarang sekali menginap di hostel.

      Terimakasih sudah mampir 🤗

      Delete
  35. kalau menginap di hotel saya dan suami membawa anak kecil 1 orang,apa perlu juga menjelaskan bahwa kami 3 orang,apa dikenakan biaya cash tambahan lagi mbak,,mohon penjelasan nya,,ada referensi gak hotel mana yang biasanya dengan harga terjangkau,tetapi tidak terlalu jauh dengan tempat wisata yg ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo :)
      Kalau anak kecil saya rasa tidak kena charge. Berbeda dengan dewasa.

      Kalau untuk hotel terdekat tempat wisata ada banyak sekali pilihan. Tetapi saya rasa lebih enak dekat dengan stasiun MRT atau bus stop itu lebih enak.
      Bisa didaerah chinatown, bugis, atau orchard.

      Delete
  36. untuk pembelian ez-link bayarnya pakai tunai sgd atau atm mba?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pembelian harus tunai, dilakukan di ticket counter yang ada di beberapa stasiun besar seperti di MRT changi airport.

      Delete
  37. Salam semua :) jika berminat bole Dapatkan "SG City Tour 1-Day Package" from JB serendah RM99 dengan sis / beli any Tiket Masuk Singapore (USS dll) All at %Discount Price! bole hubungi saya WHATSSAPP +6012-7760219 (JESS) - Agent SG & JB *Contact: +6012-7760219, let's visit SG soon :) #LoveTravel lawat >> FB.COM/LOVETRAVEL86

    ReplyDelete
  38. mbak mau tanya botol minum yang bisa di bawa dari jakarta ke singapura apa saja ? atau sama sekali tidak boleh dalam bentuk atau ukuran apapun . ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengalaman saya untuk tumblr seperti starbucks itu masih diijinkan asal tidak melebihi 600ml. Atau termos air panas serta botol susu bayi masih diperbolehkan. Mungkin pengecualian.

      Hanya saja untuk minuman berkemasan seperti aqua itu tetap disita atau dihabiskan di tempat kemudian botol dibuang.

      Delete
  39. ASSALLAMU ALLAIKUM ……… WR WB ………….
    MINTA IZIN NAK IKUT PROMOTE KAT BLOG TUAN / PUAN
    JOM KE INDONESIA
    HORAS … !!!

     JOM KE MEDAN … !!!
     JOM KE DANAU TOBA … !!!
     JOM JAKARTA , JOMBANDUNG, JOM YOKYAKARTA
     JOM BALI ,
     JOM LOMBOK
     JOM MAKASAR
     JOM SULAWESI /CILEBES

    KAMI DARI SYARIKAT PELANCONGAN TIARA TOURS INDONESIA, PELANCONGAN BERLECENSED & PROFESIONAL. KAMI AHLI DALAM PENGURUSAN LAWATAN / PENEMPAHAN PAKEJ KE INDONESIA, DAN KAMI BERJAYA MENGURUS LAWATAN KAPAL PESIAR (CRUISE SHIP) DARI NEGARA EROPAH, AUSTRALIA DAN CRUISE DARI AMERIKA

    PAKEJ LAWATAN SEPERTI PAKEJ KE MEDAN, LAKE TOBA, BERASTAGI , HIKING & TRACKING , PADANG, BUKIT TINGGI, BANDA ACEH, PULAU SABANG, JAKARTA, BANDUNG, YOGYAKARTA, BALI ISLAND, LOMBOK, MAKASAR, BUNAKEN, MANADO, TORAJA DAN PULAU NIAS, SEMUA KAMI DESIGN DENGAN HARGA MERANARIK DAN SANGAT MURAH.
    DISINI SILA TENGOK DI http://traveltiara.blogspot.com, SEMUA GAMBAR – GAMBAR COSTUMERS YANG KAMI URUSKAN KE INDONESIA DAN SILA LETAK KOMENT.

    KAMI TIDAK ADA BUSINESS TIPU – TIPU KEPADA SELURUH COSTUMERS , SERVICE KAMI BAGIKAN SESUAI BUDGET TUAN/PUAN.

    SILA CONTACT DAN TEMPAH PAKEJ DI :
    TIARA TOURS INDONESIA & CAR RENTAL SERVICE
    JLN. PANGLIMA DENAI NO. 76 MEDAN, 20227
    NORTH SUMATERA , INDONESIA
    LICENSED : 503/508.SK/IUP/BPW/MM/2011
    TAX NO : 36 555 970 7 122 000
    TEL/FAX : +6261 - 733 59 765
    EMAIL : tiaratoursindonesia@gmail.com
    HP / WA +6281383535091
    HP / WA +6285358982828
    HP / WA +6285762820068

    TERSEDIA LAYANAN SEWA KERETA DAN BUS PERSIARAN :
    TOYOTA AVANZA (05 ORANG ) MYR 175 / HARI (10 JAM)
    SUZUKI ERITGA (05 ORANG ) MYR 175 / HARI (10 JAM)
    INOVA REBORN (05 ORANG ) MYR 235 / HARI (10 JAM)
    ISUZU ELF (11 ORANG ) MYR 260 / HARI (10 JAM)
    TOYOTA HIACE (11 ORANG ) MYR 320 / HARI (10 JAM)
    MEDIUM BUS ( 27 ORANG ) MYR 500 / HARI (10 JAM)

    ReplyDelete
  40. 15 TIPS that you shared really helped me and your family. Thank you for sharing your vacation experience and knowledge about holidays. latalianavillas.com

    ReplyDelete
  41. [PROMO SINGAPORE]
    Hi Admin & Kawan-kawan. :) mari join 💡"Singapore (SG) Tour 1-Day Trip" from JB serendah RM109 dengan sis / 🔎🚩Backpacker Trip Jelajah SG dari serendah 🔥RM90-RM60 sahaja...

    Juga ada promosi; 🔖PAKEJ USS Trip dari JB @ 🔶Tiket Masuk Singapore (USS-SEA Aquarium-SKYLUGE-Lebih dari 30 JENIS!) All at %% Discount Price! Nak 🔥PRIVATE TRIP-Tour Singapore (car/alza/starex)? 🚘 Pun ada.. Silakan tanya...

    Bole WHATSAPP ke ✔+6012-7760219 (JESS) - Agent SG & JB, Love Travel *Contact: ✔+6012-7760219 (JESS)

    *Silakan lawat☺ >> FB.COM/LOVETRAVEL86
    [From Johor Bahru]

    ReplyDelete
  42. Awesome! Your article is very useful for me and my partner, we would love to have a vacation there but this is the first time for us. Thank you for sharing your experiences and knowledge about holidays. impi.com

    ReplyDelete
  43. Itinerary 4d 3n, MEDAN LAKE TOBA ~ KOLAM ABADI TOUR
    ----------------------------------------
    Day 1: kualanam - lake toba ( L,D )
    # pick-up kualanamu airport
    # continue the trip to lake toba
    # lunch
    # visiting the typical souvenir shop of pematang Siantar Made from mashed Beans
    # continue the trip to parapat
    # dinner & check-in hotel

    Day 2: parapat - Samosir - Berastagi ( B,L,D )
    # breakfast at the hotel
    # continue the trip to Fery boat
    # samosir tour
    Back to Parapat and lunch
    # continue the trip to berastagi and enjoy the beauty of lake toba from the bas
    # view of Tanjung unta
    # beautiful scenery of simarjarunjung hill
    # eat fried banana and drink ginger tea ( pay for yourself )
    See the view of sipiso-piso waterfall
    # continue the trip to berastagi
    # fruit market
    # dinner & check-in

    Day 3: Berastagi - kolam abadi ( B,L,D )
    # breakfast at the hotel
    # continue on to kolam abadi ( pay 80k/person, yourself )
    # shower-bath inkolam abadi
    # lunch at kolam abadi
    # rafting to the siteroh-teroh waterfall
    # dinner and return to the hotel

    Day 4: Medan city tour - kualanamu airport ( B )
    # breakfast at the hotel and check-out
    # shopping souvenir, telekung and batik
    # transfer to the airport for your flight home .... END OF SERVICE

    Include:
    Hotel and breakfast, lunch 3x, dinner 3x, transport, Fery boat to Samosir island, entrance fee to object wisata, parking, highway

    Ekslude:
    Optional programs, topping driver and tour guide

    Thanks//Regards
    Akfansyah
    Tour guide Medan Sumatera Utara-Indonesia. Telp//WhatsApp : +6281262388907
    Facebook : Akfan
    Instagram : Akfansyah Lubis
    Email : nuansaindahtour19@gmail.com
    Web : www.nuansaindahtour.com
    Melayani # package tour # Adventure # Tracking & camping # Rafting

    ReplyDelete
  44. Salah satu wishlistku, semoga bisa terwujud tahun depan

    ReplyDelete
  45. Mbak, saran aja. Sebaiknya detail paspor di-blur, supaya informasi pribadi tidak disalahgunakan orang lain.

    ReplyDelete
  46. Bagus bgt nih moga bisa membantu saya yg pertama kali keluar negri msh degdegan tgl 12 Des 2019 ini saya ke Singapore sekaligus ke Malaysia jg...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah baca dan mampir.
      Selamat liburan ya 🤗

      Delete
  47. Halo kak, mau nanya kalo satu card ez-link bisa untuk beberapa orang ga ya? Atau cuman 1card ez-link untuk satu orang? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      1 ez link hanya bisa digunakan untuk 1 orang. Jadi masing masing orang harus punya ez link :))

      Delete
  48. BROMO TRAVEL CENTER is the best answer for you to choose transportation service for your holiday by enjoying the charm of Bromo Mountain in Probolinggo East Java. Mount Bromo itself has a beauty that can not be imagined with words. There are several spots we can visit such as Savanna, or Teletubies hill, Mentigen hill, a stretch of sand called Whispering Sand, Bromo Crater and elsewhere. All of those places have their own magnificent beauty.

    ReplyDelete
  49. ASSALLAMU ALLAIKUM ……… WR WB ………….
    MINTA IZIN NAK IKUT PROMOTE KAT BLOG TUAN / PUAN
    JOM KE INDONESIA
    HORAS … !!! WELCOME TO INDONESIA

     JOM KE MEDAN … !!! JOM KE DANAU TOBA … !!!
     JOM JAKARTA , JOMBANDUNG, JOM YOKYAKARTA
     JOM BALI , JOM LOMBOK, JOM MAKASAR
     JOM SULAWESI /CILEBES

    KAMI DARI SYARIKAT PELANCONGAN TIARA TOURS INDONESIA, SYARIKAT PELANCONGAN BERLECENSED & PROFESIONAL. PAKEJ TEMPAHAN KE MEDAN, LAKE TOBA, BERASTAGI , HIKING & TRACKING , PADANG, BUKIT TINGGI, BANDA ACEH, PULAU SABANG, JAKARTA, BANDUNG, YOGYAKARTA, BALI ISLAND, LOMBOK, MAKASAR, BUNAKEN, MANADO, TORAJA DAN PULAU NIAS, SEMUA KAMI DESIGN DENGAN HARGA MERANARIK DAN SANGAT MURAH DAN MAKAN HALAL 100 %

    HARGA PROMO SEWA KERETA : PASSWORD “ RAJA OMBAK “
    AVANZA , XENIA, ERTIGA (ALL 05 SEAT ) KAMI BAGI HARGA PROMO MYR 580 UNTUK 04 HARI ( MEDAN DAN LAKE TOBA TOUR ) DAN MYR 450 UNTUK 03 HARI (MEDAN AND LAKE TOBA TOUR ) HARGA TERMASUK PATROL DAN DRIVER PROFESIONAL. SEMUA SEWA KERETA ALL IN INCLUDED INSURANCE RISK

    SILA CONTACT ( 24 HOURS ON LINE )
    TIARA TOURS INDONESIA & CAR RENTAL SERVICE
    AREA : MEDAN DAN DANAU TOBA
    BANDAR : MEDAN
    ADDRESS : JLN. PANGLIMA DENAI NO. 76 MEDAN, 20227
    PROVICE : NORTH SUMATERA , INDONESIA
    LICENSED : 503/508.SK/IUP/BPW/MM/2011
    TAX NO : 36 555 970 7 122 000
    TEL/FAX : +6261 - 733 59 765
    EMAIL : tiaratoursindonesia@gmail.com
    CELL / WA +6281383535091
    CELL / WA +6285358982828
    CELL / WA +6285762820068

    Blog Spot : http://traveltiara.blogspot.com
    Facebook : TIARA RAJA OMBAK
    Facebook : TIARATOURSINDOMESIA

    ReplyDelete
  50. https://backpackertambun.blogspot.com/2017/07/itinerary-dan-biaya-liburan-hemat-di.html?showComment=1591018060489#c8466572409302997035

    ReplyDelete
  51. Thank you again for all the knowledge you distribute,Good post. I was very interested in the article, it's quite inspiring I should admit. I like visiting you site since I always come across interesting articles like this one.Great Job, I greatly appreciate that.Do Keep sharing! Regards 먹튀폴리스

    ReplyDelete
  52. hai! main ya ke https://singapore.radio.fm

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts