Scandinavian style di KUDOS Cafe, Surabaya

Yeaaayyy...
Setelah sekian lama gak ngulik tentang makanan dan dunia per-cafe-an, akhirnya mencoba untuk menulis lagi tentang salah satu cafe yang cukup hits dan instagrammable di Surabaya. Cukup sering juga beberapa kali mampir ke Cafe tersebut, namun belum sempat untuk me-review dan terkadang agak-sedikit malas untuk mengambil data saking terlalu menikmati. Hehehehehe maklum blogger amatiran.

Tampak depan Cafe

KUDOS Cafe
Alamat : Pakuwon Square Blok AK No 3 - Surabaya Barat (Samping ATM Centre BCA)
Jam Buka 08.00 am - 10.00 pm
Telp 031-99-16791 // WA - 08123221566
IG : kudos cafe
Range harga 50k - 100k

Cafe yang kebetulan berada di komplek crazy rich Surabayan ini terlihat menarik dengan struktur bangunan utama yang berbentuk segitiga dengan fasade bangunan berdindingkan kaca. Dari jalan raya, Kudos Cafe sudah sangat menarik perhatian para pengunjung termasuk aku yang beberapa kali tidak pernah terlewatkan untuk mampir ketika melewati daerah beoulevard. Terlihat sang pemilik menggabungkan konsep scandinavian style dengan konsep green alias bermain dengan beberapa tanaman, termasuk penggunaan full glass untuk meminimalisir pemakaian lampu.

Setelah penasaran dengan fasade bangunan cafe, kita akan dibuat lebih penasaran lagi untuk memasukinya dimana letak cafe yang berada di lantai 2, sehingga kita harus melewati tangga yang ada di samping kiri bangunan, yang dihias dengan berbagai tanaman hijau sedemikian rupa agar pengunjung benar-benar tertarik dan tentunya tidak melewatkan aktivitas berfoto demi kelangsungan eksis semata.

Bangunan terdiri dari 3 lantai yang dimana lantai 1 digunakan sebagai gallery seperti bookstore, garden shop, dan hiasan interior lainnya serta ada beberapa ruangan untuk dining yang berkapasitas besar yang kemungkinan akan digunakan untuk kita yang datang beramai-ramai. Kemudian aktivitas utama berada di lantai 2, yaitu pemesanan makanan dan minuman serta area utama cafe serta Lantai 3 yang juga digunakan untuk nongkrong namun dibagi menjadi 2 yaitu outdoor dan indoor.







Di lantai 2 kita akan disambut dengan mbak-mbaknya yang pelayanannya sudah sangat jauh kebih baik ketimbang yang aku datangi di sekitaran awal tahun 2016, mungkin baru awal-awal pembukaan cafe. Bahkan aku diantar sampai ke tempat duduk yang ingin aku tempati. Dan dikasih saran juga enaknya duduk dimana bagi aku yang biasanya nongkrong sambil kerja. Gak heran deh kalau sampai sekarang cafe ini masih eksis di kalangan anak muda Surabaya.


Aku suka ambience yang ada di lantai 2, terkesan homey dan bahkan pemilik cafe mungkin sengaja menggunakan perabot yang tidak terlalu berat dari segi warna, bentuk, serta material. Kita bisa rasakan dari hiasan dinding yang menggunakan ambalan kayu jati yang hanya difinishing dengan pernis, dengan pajangan-pajangan sederhana seperti beberapa baris buku, tanaman mungil seperti kaktus dan tanaman air, dan hiasan-hiasan lucu lainnya yang cukup menarik perhatian pengunjung, serta apalagi kalau tidak digunakakan sebagai background foto-foto. 







View dari tempat aku duduk


Kebetulan aku datang sekitar pukul 10 pagi dimana tidak terlalu ramai dan terlihat hanya aku yang berada disana sehingga bebas untuk mengambil foto dan disambut baik oleh salah satu ownernya ketika saya jelaskan bahwa saya suka menulis blog. Tidak seperti sebelumnya yang selalu ramai ketika datang, jadi agak sungkan tiba-tiba mengambil foto.

Aku punya favorite spot yang sangat nyaman sekali jika datang sendirian  untuk menggunakan laptop, selain ada colokan tentunya, yaitu seat no 2 yang berada pas satu pandangan dari lorong pintu masuk, berada agak pojok, dan tidak terlalu panas ketika siang hari karena agak sedikit jauh membelakangi kaca yang menjadi fasade utama bangunan.

Di samping tempat duduk favorit aku juga bersebelahan dengan rak buku yang berukuran cukup besar, yang sekaligus difungsikan sebagai pembatas dengan area tempat duduk lainnya agar tidak terlalu berdekatan.








Beralih ke menu makanan dan minuman, ada beberapa kategori yang mereka tawarkan seperti breakfast yang available di jam 8 hingga 3 sore, menu brunch, serta menu-menu barat yang di combine dengan taste indonesia. Begitu juga dengan minuman yang kebanyakan cafe lainnya yang mempunyai menu andalan seperti kopi dan menu dengan racikan owner sendiri. Karena aku datang di Siang hari dan agak lumayan lapar ditambah panasnya Surabaya yang bikin mau pingsan (padahal masih jam 10) aku memesan fetuccine dengan saus tomyum nya yang nagih banget karena tidak terlalu kecut karena tomyum disini hampir mirip seperti sauce kental, bukan berupa soup, sayang fetuccine nya agak terlalu tebal dan terasa agak kurang matang (mungkin karna tebal). Dan untuk minuman aku memesan segelas matcha latte yang bentukan dan rasanya tidak jauh berbeda dengan cafe kebanyakan. Agak sorenya aku memesan ice chocolate khas Kudos yang ditambah dengan ice cream vanilla dan whipped cream. Begitu juga partner ngobrolku memesan healthy juice.

Oh ya, baru-baru ini Kudos men-campaign-kan bahwa dirinya plastic free atau sama sekali tidak menggunakan apapun yang mengandung plastik seperti wadah makanan takeaway, straw, dan kantong makanan. Glad to know that they take a step to save the earth :)

Tom Yum Fetuccine - 48k
Ice Matcha Latte - 38k
Ice Chocolate Kudos - 42k
Healthy and tasty Juice apel, wortel, tomat, madu - 35k


Ada beberapa makanan minuman yang aku pesan dilain hari :

Meaty Pizza - 60k
Kudos Sea Salad - 39k
Cold Brew Milk (yang katanya pakai vanilla beans asli) - 38k
Mengenai rasa, sebandinglah dengan harga yang agak-lumayan-cukup pricey namun ditambah dengan suasana cafe dan tampilan makanan minuman yang cukup menarik, harga jadi tidak terlalu masalah (itu menurut aku ya). Udah kayak #crazyrichsurabayan belum hehehehe

Bagaimana kalau kalian mencobanya sendiri :)


Beberapa tampilan interior yang sempat aku foto 










Toilet yang ada di lantai 3

Suasana di malam hari






And here are my life circle :

Di malam takbiran, lebaran 2018



Semoga bisa me-review cafe-cafe yang instagrammable lagi di lain waktu. Sorry ya kalau foto yang aku ambil jauh dari bagus, maklum cuma pakai handphone seadanya :)

Thankyou yang udah mampir

See you di tulisan-tulisan selanjutnya....

 
Love, Yunda

You can reach me by social media anytime guys, but please be nice to me.
IG :    Ayunda Novi

Comments

Popular Posts